Monday, June 28, 2010

Tips Memotret Foto Siluet

foto siluet merupakan foto dengan objek gelap dan dengan background yang terang sehingga menghasilkan foto yang unik, walaupun objek gelap total objek akan tampak menonjol. membuat foto siluet tidaklah sesulit yang dibayangkan, semua kamera dari kamera hp sampai kamera DSLR bisa membuat foto siluet, di sini giga mau kasih tips memotret foto siluet walaupun gag pinter-pinter amat tati bisa lah hehe... (padahal kamera aja minjem :p) ok langsung saja:

Tanpa flash
jangan gunakan flash untuk mengambil gambar siluet karena flash akan menerangi objek sehingga objek tidak gelap dan gag jadi foto siluet deh, dan kliatan foto biasa.

objek yang berkarakter
carilah objek dengan bentuk yang berkarakter yaitu yang menonjol bentuk utama nya, dan carilah yang semenarik mungkin. objek siluet akan berwarna hitam atau sangat gelap sehingga detail objek pun tak terlihat hanya bentuk utama objek saja yang terlihat yaitu lekukan lekukan bentu objek maka cari objek yang ber karakter (jangan yang berbentuk aneh2 gag jelas hehe..). sebagai contoh gambar diatas terlihat lekukan seorang berempuan berkerudung yang berada duduk di jendela.

kondisi pencahayaan yang tepat
intinya cari objek yang gang lebih gelap dari background nya, atau bacground lebih terang dari objeknya, itu aja og hehe. ini bisa dengan cara mengarahkan kamera ke arah cahaya yang ditengah2 nya ada objeknya, atau dengan cara lain yang penting background lebih terang lah hehe.. itu makanya biasanya siluet mengarah ke arah matahari. tp yang penting itu tadi background lebih terang.

Pengaturan yang tepat
kalo mau hasil yang optimal gunakan mode manual exposure, dan seting di spot metering. lakukan penyetingan di daerang paling terang. ubah kombinasi aparatur dan shuter speed (jika ada) sesuai hasil metering. gunakan aparatur besar untuk membuat backhground yang agak blur dan aparatur kecil untuk membuat background yang tajam.

jika tidak dapat mengunakan manual maka belajarlah hehe... tapi tunggu dulu ada cara lain untuk mengakalinya, kan kamera ada yang bisa manual ada yang gag ada. cara yang pertama mengunakan auto focus pada kamera, gunakan mode auto (pasti ada) arahkan kamera ke background paling terang tekan shooter setenggah, jangan di lepas pindahkan ke arah objek lalu tekan penuh. jika gag ada auto focus biasanay kamera hp nih. langsung aja jepret tapi usahakan background benar2 terang dan objek gelap.
Foto diatas juga mengunakan mode auto saja bukan manual dengan kamera saku biasa (kodak c180).

Mencoba dan Belajar
tips yang terakhir hadalah belajarlah terus dan tetap mencoba. hehe slamat mencoba... :)

3 comments: